Festival Sungai Bukit Batu, Tapak Menuju Agenda Wista Nasional
Festival Sungai Bukit Batu, Tapak Menuju Agenda Wista Nasional

Bupati Bengkalis diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, H Edi Sakura mengajak kepada seluruh masyarakat Kecamatan Bukit dan semua pihak untuk bersama-sama mendukung serta mewujudkan Desa Bukit Batu sebagai objek wisata level nasional.

Hal itu disampaikan Edi Sakura saat membuka festival sungai Bukit Batu Dusun Laut Desa Bukit Batu, Sabtu (19/2), bertempat halaman Masjid Istiqomah Bukit Batu Laut.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami tentunya menyambut baik serta menyampaikan ucapan selamat, terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, khususnya kepada pemerintahan desa, lembaga desa, para relawan dan segenap masyarakat Desa Bukit Batu, atas terselenggaranya festival Sungai Bukit Batu yang penuh makna ini,”ujar Edi Sakura.

Edi Sakura berharap kiranya ikhtiar dalam upaya melestarikan dan mengembangkan seni, budaya, sejarah, wisata, produk unggulan serta berbagai potensi lainnya, merupakan wujud partisipasi, wujud kebersamaan dalam membangun Desa Bukit Batu yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera, menuju desa wisata nasional.

Rangkaian kegiatan festival Sungai Bukit Batu ini tambah Edi, adalah sebuah langkah positif dan maju, dalam mengembangkan dan membangun potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada, serta menunjukkan kualitas pemerintahan desanya yang kreatif dan inovatif.

“Mudah-mudahan melalui event ini, masyarakat dapat mengenal lebih luas lagi ragam potensi yang ada di desa ini, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung dan berwisata disini, dengan harapan mampu menimbulkan multiplier effect terhadap pembangunan berbagai sektor di Desa Bukit Batu ini kedepannya,” harapnya.

Untuk itu, Edi mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama mendukung gagasan dan inovasi serta kegiatan ini, dengan ikut terlibat dalam menjaga serta melestarikannya.

“Pembangunan desa secara keseluruhan telah menjadi agenda kerja kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini dan lima tahun kedepan, dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” sebutnya.

Menurut Edi Sakura lagi, desa adalah ujung tombak pembangunan daerah, jika desa maju dan sejahtera, maka daerah juga pastinya akan maju dan sejahtera. Makanya, komitmen pada masa pemimpinnya, untuk melakukan percepatan pembangunan dari pinggiran atau membangun daerah yang dimulai dari desa.

“Untuk itu, kepada pemerintah desa, saya berpesan, optimalkan penggunaan bantuan dana desa nantinya secara baik, tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bangun komunikasi, koordinasi, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dengan dunia usaha, akademisi, pelaku usaha, maupun komunitas yang ada di desa,” pesan Kasmarni.

Salah satu fokus pembangunan kedepan kata Edi, adalah mengembangkan sektor-sektor pembangunan yang berbasis renewable resources, terutama pada sektor pariwisata. karena sektor pariwisata dapat menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat dan menjadi sumber pendapat asli desa.

“Apalagi di daerah kita ini, banyak potensi pariwisata yang dapat dikembangkan, dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing seperti peninggalan sejarah, keanekaragaman adat-istiadat dan budaya, kuliner, serta adanya dukungan keindahan panorama alam, pantai, sungai, danau, hingga hutan dan mangrove yang sangat menakjubkan,”ucapnya lagi.

Tampak hadir Sekretaris LAM R Provinsi Riau, Ketua DPH LAM R Bengkalis, Datuk Sri Sofan Said, Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Sofyan M.Si dan anggota DPRD dapil Kecamatan Bukit Batu, Ketua MUI Bengkalis, A Amrizal, Plt. Kepala Diskominfotik diwakili Kabid SDKI, Syamsul Bahri, Kabid Pariwisata, Alwizar, Kabid Kebudayaan, Kepala Desa Bukit Batu serta para tamu undangan lainnya. (auf).

Source : http://www.dumaiposnews.com/2022/02/festival-sungai-bukit-batu-tapak-menuju-agenda-wista-nasional/

Share: